Kelezatan Ayam Muda Khas Prambanan

 

Ayam muda Prambanan (Foto: Suara Pembaruan)

DAGING ayam dapat diolah dengan beragam cara dan menghasilkan rasa yang lezat. Apalagi jika yang dipilih adalah ayam muda, seperti yang tersaji pada menu ayam prambanan.Seperti apa? Jika Anda bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja, tidak ada salahnya untuk sesekali mencoba menu yang satu ini. Namanya ayam prambanan khas Restoran Prambanan yang berada di lobi Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Di sini, bukan hanya rasa ayam goreng yang jadi andalan.Bahan bakunya pun diunggulkan, karena yang digunakan adalah ayam muda yang berporsi besar. Restoran berkapasitas 125 orang ini setiap hari memang selalu menyajikan beragam menu komplet khas Nusantara, namun dikreasikan dengan gaya modern.

Menurut Assistant Executive Chef Hotel Kartika Chandra Rahdian Adimas, menu ayam prambanan yang disajikan di restorannya baru dihadirkan tiga bulan lalu. Meski demikian, menu tersebut sudah sangat dikenal oleh pelanggan restoran. Bahkan, tak sedikit di antara mereka yang memfavoritkan sajian yang satu itu.

”Walaupun baru dihadirkan pada Agustus lalu, tapi ayam prambanan sudah diidolakan berkat rasanya yang lezat,” ujar Rahdian.

Rahdian menambahkan, salah satu alasan ayam ini menjadi menu yang difavoritkan adalah karena teksturnya yang lembut.

Hal itu tidak terlepas dari pemilihan bahan bakunya, yakni yang berjenis ayam muda. Ayam yang masih muda memiliki ciri, antara lain masih lenturnya tulang sayap yang dapat dilihat apabila dilipat ke arah berlawanan.

Umumnya, ayam seperti ini tidak membutuhkan waktu lama untuk dimasak. Meski berbahan baku ayam muda, namun menu ayam prambanan dapat tersaji dalam porsi yang cukup besar.Tidak kecil seperti jenis unggas muda yang lain.

Pihak restoran jelas sangat memerhatikan kualitas bahan yang mereka gunakan. Misalnya saja, ayam yang digunakan harus memiliki berat minimal 7 ons. Rasa gurih dan lezat membalut ayam yang digoreng kering ini. Untuk menambah ”nuansa” renyahnya, ayam disajikan bersama taburan kremes plus sambal dan lalapan.

Apabila ingin memesan paket ayam prambanan, tiap pengunjung dipersilakan memilih minuman sesuai selera mereka. Pilihannya ada dua: fruit punch dan puri mahkota. Fruit punch merupakan minuman yang terbuat dari campuran jus jeruk, nanas, dan sirup grenadine.

Sementara puri mahkota merupakan minuman yang terbuat dari bahan yang sama,namun dengan tambahan perasan lemon.

”Cukup dengan membayar Rp65.000++, pengunjung sudah bisa menikmati paket ayam prambanan yang tersaji dalam menu ala carte,” kata Public Relations Manager Hotel Kartika Chandra Dewi Setiamika.

Untuk makanan pendamping, menu sup gurame cukup banyak dipesan oleh pengunjung restoran yang sudah beroperasi selama hampir 36 tahun ini.

Perbedaan sup gurame ala Prambanan dibandingkan menu serupa di restoran lain terletak pada rasanya yang lebih segar karena menggunakan campuran belimbing sayur.

”Mungkin tambahan daun kemangi sudah biasa. Tapi, yang membuat beda adalah belimbingsayurnya untuk membuat kuah lebih segar,” ujar Rahdian.

Acara menyantap menu ayam prambanan paling cocok ditutup dengan dessert puding srikaya. Sajian bertekstur lembut dengan rasa srikaya yang cukup lezat ini bisa Anda temukan dalam menu buffet.

Hotel Kartika Chandra memiliki misi ingin melestarikan budaya masakan Nusantara. Salah satu caranya dengan memperkenalkan sebanyak mungkin makanan khas Indonesia melalui Restoran Prambanan.

”Semua masakan yang tersaji di sini merupakan makanan tradisional, namun dihidangkan dengan tampilan yang modern,” tandas Dewi.(SINDO//nsa)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s